3.Pemanfaatan page break untuk mengatur halaman (Ms. Word )
Page Break
Di dalam Ms. Word banyak menu untuk Break, diantaranya adalah Page Break dan Next Page.Tujuan utamanya adalah membagi dokumen menjadi beberapa bagian. Tapi,, Page Break dan Next Page punya fungsi inti yang berbeda.
- Kalo mau nambah Section, pilih Page Layout - Breaks - Next Page.
- Kalo cuma mau nge-Break tanpa nambah Section, pilih Page Layout – Breaks - Page Break.
Terus apa itu Section??
Section ini sebenernya penanda dari suatu bagian pada dokumen.
Fungsinya
: Dengan membagi dokumen menjadi beberapa section, kita akan
mempermudah proses pemberian nomor halaman. Biasanya kalau kita bikin
proposal ato dokumen kan ada bagian yang format page number nya berbeda,
nah dengan pembagian section kita bakalan gampang ngedit-ngedit format
page number-nya. Misal, untuk Kata Pengantar dan Daftar Isikita anggap mereka berada pada section yang sama, yaitu Section 1. Nah untuk Bab I Pendahuluan kita bedain dia sehingga kita anggap dia berada pada Section 2.
Intinya : Tiap section yang berbeda bisa kita buat beda juga format page numbernya..
Kalau
Page Break yang hasilnya ga nambah section itu fungsinya supaya bagian
yang berbeda ga akan saling berpengaruh. Contohnya gini, Bab I Pendahuluan dan Bab II Pembahasanbiasanya
untuk pemberian nomor halaman adalah kontinyu ( nyambung gitu… ), tapi
kalo kita udah selesai bikin Bab I Pendahuluan ga jarang kita selesai di
tengah halaman. Nah kalo mau masuk ke Bab II Pembahasan biasanya kita
bakalan ngelakuin “Enter – Enter -Enter -Enter -Enter -Enter – Enter” supaya Bab II Pembahasan berada di awal halaman.
Kalo
itu yang dilakuin, misalnya nanti ada perubahan di Bab I, hasilnya
malah bikin si Bab II jadi ikut turun. Nah dengan Page Break, kalopun
kita ngedit-ngedit Bab I, si Bab II akan stabil berada di awal halaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar